Kamis, 19 Desember 2019

Seni Dalam Pandangan Masyarakat Sekitar

Seni Dalam Pandangan Masyarakat Sekitar



Seperti hal yang kita ketahui,banyak ragam seni yang ada di Indonesia . Diantaranya ada seni lukis,seni tari dan seni musik. Sejak dini, sahabat blogger mungkin sering belajar mewarnai menggunakan pensil warna atau crayon . Dalam membuat gambar atau mewarnai , sudah menjadi keasyikan yang tiada henti bagi anak-anak hingga dewasa.  Ketika kita melukis atau mewarnai, kita dapat mengetahui seberapa besar bakat dalam seni lukis

Di Indonesia, banyak sekali seniman yang mahir dalam melukis sehingga menghasilkan karya yang bernilai tinggi. Selain itu, melukis juga dapat dijadikan hobby atau menghilangkan rasa kebosanan yang ada. Menurut sebagian pendapat masyarakat ,melalui seni lukis kita dapat mengetahui tumbuh kembang anak dalam mengembangkan bakatnya dan apa saja yang disukainya.


Seni Lukis memiliki karakteristik bermacam-macam. Jenis-jenis  seni lukis tertuang dalam berbagai aliran seni musik yang masing-masing memiliki gaya seni lukis yang khas. Berikut aliran-aliran seni lukis yang memiliki ciri khas yang berbeda-beda :


1. Klasisme

Aliran Klasisme ini adalah bercorak klasik Yunani dan Romawi dengan wujud gambar yang realistis. Bumbu-bumbu realistis ini adalah wujud tampilan lukisan yang dibuat semirip-miripnya dengan wujud aslinya di dunia nyata.

2. Romantisme

Aliran romantisme memiliki ciri khas nilai-nilai sebuah peristiwa yang menarik, istimewa, dan indah. Hal ini dapat berupa kejadian-kejadian yang menyenangkan, hubungan percintaan, dan lukisan-lukisan manusia berparas anggun.

3. Ralisme

Jenis aliran ini lebih menghasilkan suatu karya yang menangkap fenomena yang nyata terjadi dan dialami dalam kehidupan secara obyektif.. Bila diperhatikan, realisme ini merupakan sanggahan terhadap aliran berjenis klasisme yang statis serta romantisme yang berlebihan.

4. Naturalisme

Naturalisme merupakan aliran yang cenderung  menunjukkan suatu keadaan malam. Semua tema yang ingin dibuat untuk melukis dihubungkan dengan keadaan alam yang lebih dominan.

5. Ekspresionisme

Ekspresionisme merupakan jenis seni lukis yang menganggap bahwa ekspresi  merupakan elemen penting yang digunakan untuk menciptakan karya lukis yang menarik dan berkesan. Seni ini terlahir dari sebuah emosi yang murni dari dalam hati dan dituangkan dalam warna dan bentuk gambar.

6. Surealisme

Aliran ini memproyeksikan obyek-obyek yang dilihatnya secara natural menjadi obyek-obyek yang ada dalam sebuah mimpi. Hasil karya yang diciptakan adalah obyek-obyek yang imajinatif dan unik.

7. Abstrak

Jenis aliran abstrak merupakan lukisan dengan bentuk penyampaian makna secara tidak langsung. Aliran ini tidak menggambarkan obyek dalam bentuk aslinya, tetapi gambar yang samar dan membuat pengunjung berpikir apa lukisan itu.

8. Gotik

Aliran seni lukis ini menekankan obyek berupa tokoh-tokoh suci, raja, ratu, tempat ibadah, istana, atau obyek-obyek lain yang berhubungan dengan dinasti. Ciri khas penggambarannya adalah berupa garis tebal dan warna yang dipertegas.

9. Futurisme

Aliran ini cenderung menekankan pada gerak yang indah dan memperlihatkan obyek lukisan yang digambar seakan-akan bergerak. Unsur yang kuat adalah kedinamisan, ekspresi kecepatan, dan ekspresi kesamaan waktu yang kuat.

10. Konstruktivisme

Jenis aliran konstruktivisme adalah aliran yang melukiskan wujud konstruksi bangunan disertai dengan penekanan fokus pada sebuah bangunan. Obyek yang digambar dapat berupa bangunan model klasik, modern, atau bangunan yang lain.


Selain seni lukis,masyarakat juga mempunyai pandangan berbeda terhadap seni tari. Melalui seni tari, anak-anak dapat mengembangkan bakatnya di dunia tari.

Tarian pada setiap daerah memiliki keunikan sendiri-sendiri. Salah satu tarian asli dari Indonesia :

1.Tari Topeng khas Cirebon


Tari Topeng adalah tarian tradisional yang berasal dari Cirebon Jawa Barat. Dalam Tarian ini terdapat 5 jenis topeng yaitu Topeng Panji, Topeng Samba, Topeng Rumyang, Topeng Tumenggung dan juga Topeng Kelana. Masing-masing topeng memiliki karakter dan keunikan yang berbeda-beda. Topeng-topeng tersebut memiliki cerita yang berbeda antara topeng satu dengan topeng yang lain.




2. Tari Kecak (Bali)



Salah satu daya tarik wisata yang wajib untuk dikunjungi dari Pulau Bali mungkin adalah pertunjukan Tari Kecak. Tarian khas Pulau Bali ini menjadi salah satu adat tradisional Bali yang sampai sekarang masih dilestarikan, bahkan tarian ini dikenal hingga ke mancanegara dengan banyaknya turis asing yang melihat atraksi tarian ini.



3. Tari jaipong


Tari jaipong adalah sebuah jenis tari pergaulan tradisional masyarakat Sunda, Jawa Barat, yang cukup populer di Indonesia. Dewasa ini tari Jaipongan boleh disebut sebagai salah satu identitas keseniaan Jawa Barat, hal ini nampak pada beberapa acara-acara penting yang berkenaan dengan tamu dari negara asing yang datang ke Jawa Barat, maka disambut dengan pertunjukan tari Jaipongan.




Itulah beberapa tari tradisional, sebagai masyarakat Indonesia kita harus menanamkan dan mewariskan kebudayaan Indonesia,dan harus bangga mengenalkan tari  kepada masyarakat asing sebagai bentuk rasa cinta terhadap tanah air. Kita juga harus menjaga budaya kita,agar tidak diakui oleh masyarakat asing.

Menurut masyarakat sekitar juga, perpaduan antara seni musik dan tari adalah salah satu hal yang sangat diperlukan.




Seperti yang kita ketahui, seni musik memiliki banyak sekali model-model musik. Terutama untuk musik yang sedang berkembang di masa ini. berbagai macam alat musik diciptakan hanya untuk memuaskan rasa bermusik dan memanjakan pecinta musik.

Seni musik memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut antara lain musik tradisional, musik modern dan musik kontemporer. Berikut ini penjelasannya untuk Anda :

1. Musik Tradisional

Jenis seni musik yang pertama adalah musik tradisional. Musik ini biasanya merupakan warisan dari nenek moyang yang diturun-temurunkan ke generasinya. Musik tradisional masih menggunakan lirik bahasa daerah, tidak memiliki notasi, dan alat musik yang digunakan juga tradisional contohnya seperti gamelan, angklung, dan karawitan.


2. Musik Modern

Seperti yang kita tahu, musik modern saat ini sangat berkembang pesat secara universal. Seni musik modern adalah seni musik yang sudah terakulturasi dengan teknologi dan budaya yang modern baik instrumen musik ataupun cara penyajian musik.


3. Musik Kontemporer

Di Indonesia jenis musik kontemporer adalah musik yang berkembang pada masa tahun 1990-an. Musik ini memiliki ciri-ciri variasi nada yang kompleks; memiliki warna atau jenis bunyi, tempo, dan ritme yang bervariasi; sumber bunyi bervariasi tidak hanya dari musik instrumental.

Dan adapula beberapa jenis genre musik,diantaranya :

1. Klasik

Untuk Anda yang sering mendengarkan musik-musik pengantar tidur, Anda pasti mengenal sekali jenis musik yang satu ini. Musik klasik memiliki nada dan harmonisasi yang begitu menarik dibandingkan dengan genre musik yang lain. Pembawaannya yang kalem, membuat pendengar merasa rileks dengan jenis musik ini.


2. Blues

Anda pasti pernah mendengar musik blues. Musik yang satu ini merupakan musik yang berkembang di Amerika. Genre ini tercipta dari sebuah konotasi perasaan melankolis dan frustasi. Jenis musik ini kerap digunakan sebagai musik pujian dan spiritual.


3. Jazz

Musik jazz memiliki banyak penggemar di Indonesia. Musik yang lahir di Amerika sejak abad ke 60 ini didominasi dengan alat musik biola, piano, saksofon, bass, gitar, terompet dengan lirik yang begitu mendalam. Melalui genre musik jazz banyak musisi yang terkenal dan mendunia.


4. Funk

Macam musik yang satu ini merupakan penggabungan antara musik jazz, rythm, dan blues. Mulai berkembang sejak tahun 1996-an di Amerika. Musik ini memiliki nada gitar yang mendominasi diselingi dengan drum dan musik yang terpotong-potong sehingga membuat alunan yang gembira untuk berdansa.


5. Reggae

Musik reggae memiliki ciri khas ritme yang backbeat dan progresi kord yang terbilang mudah. Di Amerika, musik yang kerap dinikmati dengan jogetan ini sukses menarik minat pendengar melalui jenis musik yang menggambarkan kebebasan, jiwa muda, dan ekspresi pemberontakan.


6. Hip Hop

Musik hip hop memiliki perpaduan nada dan ritme yang unik sehingga cocok untuk dipadukan dengan musik rapp. Mulai berkembang dan dikenal oleh masyarakat pada tahun 1970-an di Amerika. Banyak musisi terkenal yang terlahir dari aliran musik ini.


7. Pop

Musik pop ternyata berasal dari kata “populer” merupakan genre musik yang paling mudah didengar dan memiliki banyak peminat. Pada awalnya sekitar tahun 1920 musik pop hanya digunakan sebagai musik pengiring tarian. Hingga tahun 1980 musik pop telah mendunia dan memiliki banyak penggemar.


8. Rock

Genre musik rock merupakan perpaduan dari rythm, jazz, blues, dan country. Dengan alat musik drum, bass, gitar yang mendominasi musik ini sudah memiliki submusik rock yang lainnya. Seperti soft rock, hardrock, hingga funk rock.


9. Dangdut

Musik dangdut merupakan macam-macam genre musik yang berasal dari Indonesia. Genre musik ini merupakan perpaduan antara musik India dan Melayu dengan sentuhan campursari. Seiring dengan perkembangan jaman musik dangdut saat ini telah mendunia dan bukan lagi menjadi musik yang hanya dinikmati oleh kalangan menengah ke bawah.
Saat ini musik dangdut telah berkembang dengan diiringi oleh alat musik modern seperti gitar, bass, hingga drum namun tidak meninggalkan alat musik ciri khasnya yaitu kendang dan seruling


Demikianlah informasi mengenai seni  serta keragamannya yang tidak lekang oleh waktu. Seiring dengan berkembangnya jaman dan teknologi, seni musik terus berkembang menjadi salah satu seni yang tidak kehilangan penikmatnya. Bahkan banyak orang yang menyatakan bahwa musik merupakan bagian dari hidupnya.

Musik juga dapat digunakan sebagai identitas dan jati diri. Misalnya saja seperti lagu kebangsaan. Seluruh negara di dunia memiliki lagu kebangsaan yang dibangga-banggakan sebagai identitas suatu bangsa. Hebat sekali ya seni yang satu ini?



29 komentar:

  1. Terimakasih..artikel nya sangat bermanfaat.wawasan saya sedikit bertambah.kapan kapan pengen diskusi sama penulis nya heheehe��

    BalasHapus
  2. Artikel nya sangat bagus dan bermanfaat

    BalasHapus
  3. Artikelnya sangat bermanfaat, singkat namun mudah dicerna:), sangat membantu dalam menambah wawasan dan mudah diingat

    BalasHapus
  4. Terimakasih artikelnya sangat membantu dan bermanfaat kalo boleh tau penulisnya siapa?

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Artikel nya sangat bagus dan bermanfaat😁

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Mantap, singkat padat dan jelas😀

    BalasHapus
  9. Makasih kaka,untung ada dangdutnya jadi saya suka.

    BalasHapus
  10. Artikel hang bagus, namun saya rasa masih kurang karena dalam seni juga ada teather atau drama..

    BalasHapus
  11. Sangat bermanfaat sekali,juga menambah wawasan pokok.a mantap dah

    BalasHapus
  12. Artikel kamu bagus bagus bangeet saya I LOVE YOU😘😘😘😘

    BalasHapus
  13. artikelnya sangat bagus, dan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan kesenian, terimakasih.

    BalasHapus
  14. Bermanfaat banget. Good job ya;)

    BalasHapus
  15. Artikel nya sangat bagus menambah pengetahuan,buat yang membuat artikel ini cepat sukses dan cepat cepat menikah aja biar.😂

    BalasHapus
  16. Yoooi gw suka neh yg kaya gini neh.. sipsip

    BalasHapus
  17. Artikel nya sangat bermanfaat untuk menambah wawasan bagi masyarakat awam yg kurang pengetahuan tentang seni

    BalasHapus