Rabu, 18 Desember 2019

Upaya melestarikan budaya daerah

Upaya melestarikan budaya daerah



Apasih budaya itu? Beberapa dari kalian pasti masih bertanya-tanya arti kata tersebut walaupun sudah seringkali mendengarnya. Jadi, Kata budaya itu sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Sansekerta budhayah. Kata tersebut adalah bentuk jamak dari kata budhi yang mempunyai arti akal atau budi. Untuk pengertian lengkapnya, budaya adalah sebuah sistem yang ada dalam suatu masyarakat dan budaya tersebutlah yang mengatur kehidupan masyarakat tersebut sehingga mereka mempunyai hukum, tata cara hidup, dan lainnya. Kemudian, sistem yang ada ini kemudian diturunkan ke generasi berikutnya sehingga lahirlah kebudayaan sebagai hasil adanya budaya. Karena budaya ini merupakan warisan dari nenek moyang dan telah turun-temurun diwariskan, maka budaya haruslah dijaga dengan baik. Begitupun dengan budaya Indonesia yang terkenal sangat beragam dari Sabang sampai Merauke.
Beragamnya budaya Indonesia dapat terlihat dari banyaknya tarian daerah, bahasa daerah, kesenian daerah, dan juga ritual-ritual daerah yang berbeda-beda setiap sukunya, dan menurut catatan ada lebih dari 1300 suku dan lebih dari 500 bahasa daerah yang ada di Indonesia. Namun, sayangnya budaya Indonesia mulai memudar. Terbukti dengan adanya suku-suku yang hampir punah seperti suku yang ada di Kepulauan Mentawai, bahkan telah ada beberapa suku yang telah punah. Punahnya suku-suku tersebut jelas disebabkan karena budaya suku yang tidak dilestarikan lagi. Lalu, bagaimana cara melestarikan budaya tersebut? Anda dapat menyimak penjelasannya pada paragraf di bawah ini.
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya yang telah ada. Hal pertama yang dapat dilakukan ialah mengenali budaya yang ada. Dengan mengenal budaya anda, paham apa saja budaya yang diwariskan nenek moyang, anda akan lebih mudah untuk melestarikan budaya anda karena anda telah benar-benar memahami sehingga mengerti bagaimana cara untuk menjaga budaya tersebut.
Mengenali budaya sendiri itu ada berbagai cara seperti berikut :
1. Mencari tahu tentang budaya sendiri.
Anda bisa mendapatkan informasi tersebut melalui bermacam-macam literatur seperti buku, ensiklopedi, atau bisa juga melalui surat kabar. Apalagi, saat ini, banyak literatur yang membahas mengenai budaya dan kebudayaan sehingga anda akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai budaya anda. Selain dari literatur cetak, anda pun dapat mempelajari tentang budaya melalui internet. Dengan perkembangan teknologi yang makin pesat karena pengaruh globalisasi.
2. Mengikuti kegiatan budaya.
Untuk dapat mengenal budaya yang ada di daerah anda, setelah mempelajari tentang budaya anda, mengikuti kegiatan budaya merupakan langkah yang tepat. Jika anda mengikuti kegiatan budaya ini, tentu saja anda akan lebih cinta terhadap budaya yang ada. Dalam mengikuti kegiatan budaya, sebaiknya anda terlibat langsung di dalam sebuah kontes misalnya sebab jika anda hanya mengikuti kegiatan budaya sebatas sebagai penonton atau peserta saja, anda tidak akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan. Misalnya saja anda ingin mengikuti kegiatan budaya Banyumas seperti pementasan kentongan. Akan lebih baik jika anda menjadi pemain kentongan tersebut sebab anda akan lebih merasakan euforia kebudayaan anda. Selain itu, terlibat langsung dalam kegiatan budaya juga akan menambah kecintaan anda pada budaya anda tersebut. Anda pun akan mendapatkan sebuah pengalaman baru yang tentu saja tidak dapat dilupakan sebab kegiatan kebudayaan biasanya digelar dalam acara tertentu.
3. Bergabung dalam komunitas.
Ada berbagai hal yang akan anda dapatkan disini. Pertama, anda bisa lebih mengenal budaya anda sebab dalam sebuah komunitas, akan ada beberapa tokoh kebudayaan yang sering berkunjung untuk menambah pengetahuan anda atau bisa juga mereka bertukar pikiran dengan anda dan anggota komunitas lain Lalu, untuk mempererat tali persaudaraan dan kekompakan dalam melestarikan budaya, sebuah komunitas akan membuat acara tertentu yang bertemakan budaya anda. Sama halnya dengan poin sebelumnya, ini merupakan hal yang sangat menguntungkan anda sebab anda bisa mempelajari bagaimana budaya anda dari acara tersebut.
Setelah anda mengenal betul budaya anda, mulai dari sejarahnya sampai macam-macam kebudayaan yang lahir dari budaya tersebut, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memberikan pengajaran kepada orang lain agar akan ada makin banyak orang yang mengenal budaya tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa pilihan yang bisa anda lakukan yaitu mengajar di sekitar lingkungan anda atau mengajar di sekolah.

Berikut beberapa contoh tindakan yang dilakukan dalam rangka ikut serta mempertahankan budaya :
1. Mengajar di lingkungan sekitar.
Kita bisa membuka kelas atau sanggar tari di lingkungan rumah dengan bantuan masyarakat desa. Sebagai contoh seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu sanggar seni tari yang ada di daerah kawasan bima, yaitu sanggar manunggaling dharmasastra.
2. Mengajar di Sekolah.
Saat ini, sekolah tidak hanya untuk belajar tentang ilmu pengetahuan saja, namun kita bisa berkreasi serta menunjukan bakat, melalui kegiatan sepulang sekolah seperti estrakulikuler. Dengan diadakannya ekstrakulikuler tari saja, kita bisa menjadi golongan yang tetap.mempertahahankan budaya sendiri.
3. Memperkenalkan budaya kepada masyarakat luas bahkan luar negeri.
Dengan cara memposting beberapa kegiatan di sosial media adalah cara yang tepat. Karena zaman sekarany kita bisa mengelilingi dunia dan mengetahui segala informasi tentang dunia hanya melalui smartphone dan juga internet.
Selain itu, mengenakan produk lokal ketimbang produk luar negri sangat membantu mengenalkan budaya kita sendiri kepada masyarakat luas.
Mengekspor barang kerajinan ke luar negri dapat meningkatkan kesejahteraan Indonesia serta membuat Indonesia semakin terkenal di luar negri.
Tidak berpengaruh pada budaya asing, kita dapat memilah dan memilih budaya mana yang harus kita terima sebagai arus globalisasi. Tidak bisa dihindari memang namun kita tetap bisa menyaring terlebih dahulu mana budaya yang dapat diterima dengan baik atau bahkan yang dapat mempengaruhi kehidupan kita semakin buruk.
Menjadikan budaya sebagai identitas diri, kita memang harus bangga dengan budaya kita sendiri dimanapun kita berada.
Nah, sekarang sudah tahu bukan apa saja sih usaha kita yang dapat dilakukan untuk mempertahankan budaya kita sendiri. Jadi jangan lupa ya kita harus melestarikan budaya kita sendiri teman-teman...



0 comments:

Posting Komentar