Kamis, 19 Desember 2019

FUNGSI TARI TOPENG DAN MAKNANYA

Fungsi Tari Topeng

Fungsi Tari Topeng
Adapun fungsi dipentaskannya Tari Topeng ini sebagian besar dibagi menjadi tiga bagian. Apa saja fungsinya, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pagelaran Komunal

Ini adalah sebuah cara yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat bersama. Sehingga dalam pagelaran ini hampir semua masyarakat ikut berpartisipasi.
Bahkan, acara yang dipertunjukkan juga sangat populer. Acara dimulai dengan ajakan dalang, musik seni dan masih banyak lainnya.

2. Pagelaran Individual

Ini adalah sebuah pagelaran yang dilakukan oleh pihak perorangan. Biasanya pagelaran ni dilakukan oleh seseorang yang melakukan hajatan. Tujuannya adalah untuk menghibur para tamu undangan.

3. Pagelaran Berbarengan

Ini adalah sebuah upacara keliling kampung yang mana dilakukan untuk merayakan panen.

Makna Tari Topeng

Setia tarian tradisional yang berasal dari suatu daerah ditarikan dengan memiliki makna yang tersirat dalam setiap gerakannya.Sama halnya dengan Tari Topeng yang mana dalam setiap gerakan tarian ini memiliki makna yang tersirat untuk setiap orang yang menyaksikan.Makna yang terkandung di dalam tarian ini menggambarkan watak manusia yang berbeda-beda. Ada saat manusia masih bayi dimana dia tidak bisa apa-apa tanpa bantuan orang lainKemudian anak tumbuh menjadi anak-anak dimana ia suka bermain.Lalu anak tumbuh menjadi anak remaja dimana karakteristiknya mulai berubah.Hingga saat dewasa orang ada yang memiliki watak yang bijaksana, namun ada pula seseorang yang memiliki watak yang jahat.Seperti itulah watak manusia yang digambarkan dalam Tari Topeng.

0 comments:

Posting Komentar