Kamis, 19 Desember 2019

15 tarian adat tradisional daerah jawa timur

15 TARIAN ADAT TRADISIONAL DAERAH JAWA TIMUR
Tarian adat tradisional dari daerah Jawa Timur (Jatim) beserta dengan penjelasan, gambar dan videonya menjadi informasi yang banyak dicari oleh mereka yang suka dan cinta dengan budaya Indonesia khusunya dalam seni tari. Termasuk Andakah orangnya?Provinsi Jawa Timur selain memiliki banyak rumah adat juga memiliki banyak daftar tarian tradisional yang masih dilestarikan hingga kini. Daerah Malang dan Surabaya menjadi salah satu kota yang terus menjaga nilai – nilai budaya Jawa Timur. Kegiatan daerah selalu menjadi ajang untuk mengkampanyekan budaya lokal agar terus dikenal oleh generasi muda sampai kapan pun.Ada banyak bentuk tarian daerah Jawa Timur beserta pola lantainya. Hal ini akan kita bahas pada waktu yang akan datang. Kali ini kita fokus kepada puluhan tarian dari daerah Jawa Timur untuk kita kenali satu persatu.Sebenarnya untuk mengenai tarian tradisional Jawa Timur ada banyak media yang bisa dijadikan media pembelajaran, salah satunya internet selain media buku dan jurnal – jurnal budaya yang ada di perpustakaan. Tetapi hadirnya komunikasi daring (daring) ternyata mampu mengalihkan perhatian dan gaya hidup manusia. Yang dulu suka membaca koran, kini sudah mulai ditinggalkan. Semoga saja, tujuan dari Komunikasi Daring  dimanfaat dengan baik oleh kita dalam mengenal budaya – budaya nusantara.Saking sukanya kami dengan budaya Indonesia, sampai – sampai kami terus mempublikas banyak informasi mengenai tarian nusantara, mulai dari tarian daerah Sumatera Utara, tarian daerah Sumatera Barat,tarian daerah Sumatera Selatan. Untuk daerah pulau Jawa, kami juga sudah beberapa menulisnya, seperti tarian Jawa Barat, tarian daerah Jawa Tengah dan tarian adat tradisional Papua .Kehadiran tentang tarian adat tradisional jawa Timur sebenarnya menambah atau melengkapi artikel yang sudah ada. Indonesia terlalu luas untuk bisa dirangkum semua dalam sebuah blog ini. Jadi kami fokus kepada yang kami anggap penting saja.
Baiklah, tanpa berlama – lama lagi. Berikut ini adalah kumpulan tarian daerah dari Jawa Timur





1.    TARI REMO
Tari Remo berasal dari daerah Jombang Jawa Timur. Tarian ini diciptakan oleh seorang pengamen dan dalam perkembangannya, tari Remo sangat dikagumi oleh masyarakat Jawa Timur. Kini tari Remo menjadi salah satu tarian pembuka setiap pertunjukan kesenian Ludruk di Jawa Timur.Jika dillihat dari gerak kaki yang energik, maka kita temukan keunikan dari Tari Remo. Kesan yang dihadirkan sangat sarat dengan suasana ceria dan bahagia. Busana atau kostum yang menjadi properti tari Remo yang dikenal terdapat tiga jenis yakni:Gaya Surabaya ,Gaya Jombangan,dan Gaya Sawunggalin
2.    TARI JARANAN KEPANG
Ini juga termasuk dalam tarian daerah Jawa Timur yaitu Tari Jaranan (Tari Jaran Kepang). Makna dari Tari Jaranan adalah tari tradisional yang dimainkan oleh para penari dengan menaiki kuda tiruan yang tebuat dari anyaman bambu.Pesan yang ingin disampiakn oleh Tari jaranan ini menceritakan tentang sosok pahlawan. Dimana ilustrasinya seorang perajurit yang gagah perkasa sedang menunggang kuda. Yang selalu membuat heboh adalah, pada tarian Jaranan sering ada kejadian pertunjukan atraksi kesurupan.Kesimpulan singkatnya, selain kaya akan nilai seni dan budaya, tarian ini juga sangat kental akan kesan magis dan nilai spiritual.
3.    TARI GANDRUNG
Tari yang berikut adalah Tari Gandrung yang merupakan seni tari dari daerah Banyuwangi provinsi Jawa Timur. Berdasarkan artinya, kata Gandrung berarti terpesona, yaitu menggambarkan rasa pesona masyarakat Banyuwangi terhadap Dewi Sri atau Dewi Padi yang telah membawa kesejahteraan kepada masyarakat. Oleh karena itulah maka tari Gandrung Banyuwangi ini dahulu biasa dibawakan setelah panen raya.Kemudian, Tarian Gandrung Banyuwangi merupakan seni pertunjukan yang disajikan dengan iringan musik khas perpaduan budaya Jawa dan Bali.Pada pertunjukkannya, tari Gandrung dilakukan seorang wanita penari profesional yang menari bersama tamu (terutama pria) yang disebut dengan istilah Pemaju
4.    TARI AMBARANG
tari Ambarang yang termasuk tarian tradisonal berasal dari Tulungagung Jawa Timur. Dalam pesan yang disampaikan, tarian ini menceritakan tentang para pengamen jaranan di Tulungagung.Jika dipelajari lebih jauh, makan seni tradisi jaranan ini sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, diantara adalah:
-Jaranan Serentewe, Jaranan Campursari, Jaranan pegon, dan Jaranan Jawa.Pada tari Ambarang ini, seni Jaranan yang diambil sebagai landasannya adalah JarananSerentewe. Jaranan jenis tersebut memiliki ciri khas pada gerakannya yang lebih agresif.
5.    TARI BATIK PACE
Tarian Batik Pace. Katanya, tarian ini terinspirasi dari pendiri Kota Pacitan yang didalam perjuangannya suka minum sari buah Pace atau Mengkudu. Tari Batik Pace ini diciptakan oleh Anang, yaitu pendiri Sanggar Blarak Pacitan.Terkait dengan buah Pace (Mengkudu), tarian ini mengakomodasi sejarah dari buah Pace dan kebutuhan memperkenalkan karya khas yang berupa batik Pace.
6.    TARI BEDOYO
Tari Bedoyo Wulandaru yang merupakan tarian tradisional yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Tarian ini merupakan perwujudan rasa bahagia dari masyarakat pada saat menyambut kedatangan tamu besar yang datang kesana.Konon, pada zaman dahulu Tari Bedoyo Wulandaru digunakan oleh masyarakat Blambangan dalam menyambut kedatangan rombongan dari Prabu Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajahmada saat bertamu ke daerah mereka.Bisa disimpulkan, bahwa Tari Bedoyo Wulandaru sebuah bentuk ekspresi rasa gembira dari masyarakat Blambangan dalam menyambut tamu yang dianggap agung oleh mereka.
7.    TARI BORAN
Tari Boran yang merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Kisah yang tersirat pada tarian ini adalah sebuah potret kehidupan dari para penjual nasi boran yang menjajakan dagangannya serta berinteraksi dengan pembeli.
Selain kaya akan nilai seni dan sosial budaya, Tari Boran ini juga banyak terdapat nilai filosofis didalamnya.Nasi Boran adalah yakni makanan tradisional khas dari Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Melalui tari ini, produk nasi tersebut tersosialisasi melalui pertunjukkan seni.
8.    TARI CAPING
Tari Caping Ngancak ini termasuk kedalam seni tari tradisional dari kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Potret kehidupan bertani di sawah adalah pesan yang disampaikan pada Tarian Caping Ngancak tersebut. Beberapa properti dalam bertani pun dikenakan oleh para penari, para penari menari layaknya seorang petani yang menggunakan caping atau topi.Selama masih ada petani Indonesia yang bertani di sawah, maka keberadaan tarian ini masih relevan. Maka dari itu, kebijakan impor beras dari luar negeri harus segera dihapus oleh pemerintah. Biarkan petani dengan segala kreativitasnya bekerja menghasilkan swasembada beras.
9.    TARI GANDRUNG
Tari Gandrung Marsan adalah tarian adat tradisional berasal dari daerah dari Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Tarian ini berasal dari kesenian yang berkembang pada tahun 1890. Sekelompok pria berusia 7-14 tahun memerankan tari ini dalam sebuah pertunjukkan. Kesenian ini diiringi alat musik tradisional  Gendang dan juga Rebana.Didalam setiap pertunjukannya, diselipkan pesan propaganda guna melawan penjajah pada tarian Gandrung Marsan ini. Sedangkan hasil yang didapat dari seni pertunjukan ini digunakan untuk membantu para pejuang seperti membeli perlengkapan alat perang  atau kebutuhan lain.
10. TARI GIRI GORA
Tari Giri Gora Dahuru Daha adalah salah satu Sendratari dari Provinsi Jawa Timur. Tari ini menceritakan kembali kisah dari Calon Arang. Dimana Calon Arang digambarkan sebagai seorang perempuan jahat tukang teluh yang sakit hati dikarenakan anaknya tidak ada yang mau meminang.Ada banyak peran yang dibutuhkan pada tarian Garapan Sendratari Giri Gora Dahuru Daha ini, seperti peran masyarakat Raja Airlangga, Ratna Manggali, Mpu Baradah, Daha, dan Calon Arang sendiri. Para penari memakai kostum tradisional khas Provinsi Jawa Timur dengan cirinya yang berwarna terang.Ada 3 babak dalam tarian ini:Keadaan awal masyarakat Daha,Datangnya teluh,Dan juga penyelesaian oleh Mpu Baradah.
11. TARI TALEDHEK
Tari daerah Jawa Timur yang ini adalah Tari Taledhek. Tari ini adalah tari pertunjukan yang dibawakan oleh seorang seniman wanita yang berprofesi sebagai penari. Sebuah seni yang sudah tua, tari Taledek sudah ada sejak pada masa kerajaan jaman kuno dulu. Eksistensi tari Taledhek sudah ada dan sering digunakan sebagai pertunjukan oleh keluarga kerajaan atau bangsawan ketika itu. Nah, sampai sekarang tari Taledhek masih sering dipertunjukkan pada acara-acara seperti pesta dan lain sebagainya.Dengan umur yang sebegitu tuanya, seni tari Taladhek ini wajar jika mendapat perhatian dari masyarakat Jawa secara khusus dan warga Indonesia secara umum



12. TARI TAYUB
Tari Tayub. Tari ini termasuk jenis tari pergaulan yang dibawakan oleh para wanita berparas ayu nan lemah gemulai. Kolaborasi antara gerakan, musik, dan lagu jawa menambah keunikan terhadap tari kelompok ini.Kami tidak menemukan informasi tentang apa saja properti yang dipakai pada saat Tari Tayub dipentaskan.
13. TARI JEJER
tari Jejer. Namun berdasarkan informasi yang kami temukan, untuk tari Jejer ini ternyata ada sebutan lain yaitu tari Gandrung Banyuwangi.Tari Jejer ini bisa digambarkan sebagai sebuah kesenian pertunjukan yang menampilkan gerakan berirama dari para penarinya dan diiringi dengan permainan musik tradisional yang unik. Beberapa alat musik tradisional yang dimainkan pada tari Jejer ini adalah Gong dan Kempul.Dikenal sebagai tarian khas kabupaten Banyuwangi, tarian ini termasuk memiliki ciri khas tari yang dibilang unik, baik dari segi gerakan tariannya, maupun jenis alat musik yang dipakai.
14. TARI SEBLANG
Tarian Seblang yang juga berasal dari daerah Banyuwangi Jawa Timur. Tari ini dikenal sebagai salah satu acara adat bersih desa. Seni tari ini mempunyai perbedaan yang jelas dengan kesenian tari yang lain, pasalnya para penarinya diyakini ditunjuk oleh salah seorang dukun di desa setempat. Hanya penari yang mendapat mandat dari sang dukunlah yang akan menari pada pertunjukan atau pementasan.Syarat dan kriteria untuk menjadi penari Seblang ini pun hanya sang dukun yang mengetahuinya
15. TARI LAHBAKO
Tari Lahbako adalah tarian tradisional yang berasal dari Jember, Provinsi Jawa Timur,Tarian Lahbako yang berasak dari daerah Jember provinsi Jawa Timur ini menggambarkan kehidupan dari para petani tembakau di Jember. Pada pertunjukkannya, tarian ini dipentaskan oleh beberapa para penari perempuan dengan gerakan yang menggambarkan aktivitas dari para petani di ladang atau kebun tembakau. Tari Lahbako menjadi ikon kota Jember dengan segala keunikannya.

0 comments:

Posting Komentar